BAAK

S1 Informatika - Kurikulum

Semester 1
KODE NAMA MATA KULIAH SKS

MK Prasyarat

000100

BAHASA INDONESIA

2
000400

PANCASILA

2

110400

ETIKA PROFESI

2
001000

TEKNOLOGI INFORMASI

3
110100

ALGORITME DAN PEMROGRAMAN

3
110300

BAHASA INGGRIS

3
110800

LOGIKA INFORMATIKA

3
110900

MATEMATIKA I

2
111200

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

3
23
Semester 2

KODE

NAMA MATA KULIAH SKS

MK Prasyarat

000700

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

2

111700

ALJABAR LINIER DAN MATRIKS

2

Matematika I

112400

KOMUNIKASI DATA

3

112600

MATEMATIKA II

2

Matematika I

113200

PEMROGRAMAN VISUAL

3

Algoritme dan Pemrograman

113400

PERANGKAT KERAS KOMPUTER

3

Teknologi Informasi

113700

SISTEM DIGITAL

3

Logika Informatika

114100

STRUKTUR DATA

3

Algoritme dan Pemrograman

113100

PEMROGRAMAN JAVA

3

Algoritme dan Pemrograman

24

Semester 3
KODE NAMA MATA KULIAH SKS

MK Prasyarat

000600

PENDIDIKAN ANTI KORUPSI

2

000500

PENDIDIKAN AGAMA

2

001200

WIRAUSAHA BERBASIS TEKNOLOGI

4

010100

JARINGAN KOMPUTER

3

Komunikasi Data

010500

PEMROGRAMAN WEB

3

Algoritme dan Pemrograman

010600

SISTEM BASIS DATA

3

Teknologi Informasi

010700

SISTEM OPERASI

3

Sistem Digital

110200

ANALISIS DESAIN BERORIENTASI OBJEK

3

Struktur Data

23
Semester 4
KODE NAMA MATA KULIAH SKS

MK Prasyarat

000200

BAHASA INGGRIS BISNIS

3

Bahasa Inggris

010400

METODOLOGI PENELITIAN

3

111800

ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER

3

Sistem Operasi

111900

GRAFIKA KOMPUTER

3

Algoritme dan Pemrograman

112700

METODE NUMERIK

2

Matematika II

113600

REKAYASA PERANGKAT LUNAK

3

ADBO

112200

KECERDASANN BUATAN

3

Algoritme dan Pemrograman

112800

MIKROKONTROLLER

3

Sistem Digital

113800

SISTEM MULTIMEDIA

3


112000

INTERNET OF THINGS

3


TOTAL SKS

29

WAJIB: 20 SKS ,PILIHAN 9 SKS

Semester 5

KODE

NAMA MATA KULIAH SKS

MK Prasyarat

000800

PENULISAN DAN PUBLIKASI ILMIAH

2

Metodologi Penelitian

110700

KRIPTOGRAFI

3

111100

PENALARAN KOMPUTER

3

Kecerdasan Buatan

111300

ROBOTIKA

3

Mikrokontroler

111400

SIMULASI DAN GAME KOMPUTER

3

Algoritma dan Pemrograman

110600

JARINGAN NIRKABEL

3

Jaringan Komputer

111000

PEMROGRAMAN APLIKASI BERGERAK

3

Algoritme dan Pemrograman

111600

TEKNOLOGI APLIKASI BERGERAK

3

Komunikasi Data

111500

SISTEM MANAJEMEN BASIS DATA

3

Sistem Basis Data

TOTAL SKS

26

WAJIB 2 SKS, PILIHAN 24 SKS

Semester 6

KODE

NAMA MATA KULIAH SKS

MK Prasyarat

010200

KOMUNIKASI PUBLIK

3

010800

STATISTIKA DAN PROBABILITAS

3

Matematika I

114200

PEMBELAJARAN MESIN

3

Kecerdasan Buatan

112100

JARINGAN SYARAF TIRUAN

3

Kecerdasan Buatan

112500

LOGIKA FUZZY

3

Kecerdasan Buatan

113300

PENGOLAHAN CITRA DIGITAL

3

Grafika Komputer

114000

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN

3

Kecerdasan Buatan

112300

KOMPUTASI AWAN

3

Kecerdasan Buatan

112900

PEMROGRAMAN APLIKASI BERGERAK LANJUT

3

Komunikasi Data

113000

PEMROGRAMAN FRAMEWORK

3

Pemrograman Aplikasi Bergerak

113500

REKAYASA APLIKASI BERGERAK

3

Pemrograman Web

TOTAL SKS

35

WAJIB : 5 ; PILIHAN : 30 SKS

Semester 7

KODE

NAMA MATA KULIAH SKS KET
000300

KULIAH KERJA NYATA

4

Minimal telah menempuh minimal 110 SKS

TOTAL SKS

4

Semester 8
KODE NAMA MATA KULIAH SKS KET
000900

SKRIPSI

6

Minimal SKS lulus = 138 SKS dengan semua MK wajib telah lulus

6